Bireuen, Senin (18/07/2022) Badan Penjaminan Mutu dan Tim Audit mutu melakukan Audit lapangan ke Fakultas Ekonomi Universitas Almuslim. Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh struktural fakultas Ekonomi dari dekan, wakil dekan, kaprodi hingga Kasubbag Akademik. Audit Lapangan dilakukan untuk megevaluasi ketercapaian standar mutu yang sudah ditetapkan di Fakultas Ekonomi Universitas Almuslim.

Audit Internal Mutu (AMI) adalah kegiatan monitoring dan evaluasi sistem penjaminan mutu internal serta bagaimana implementasinya dilakukan pada suatu prodi. Monitor dan evaluasi terdiri dari audit, asesment dan evaluasi yang dilakukan secara berkala untuk mengetahui kesesuaian antara pelaksanaan dengan perencanaan dan untuk mengetahui penyebab-penyebab ketidaksesuaian pelaksanaan dengan perencanaan. Pelaksanaan Audit Mutu Internal (AMI) sangat penting, karena merupakan amanah UU Nomor 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi terutama pada Bab III tentang Penjaminan Mutu dan Permenristekdikti Nomor 62 tahun 2016 tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi.

Pada tanggal 18 Juli 2022, di Prodi Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Almuslim telah melaksanakan proses Audit Mutu Internal. Audit Mutu Internal ini dilakukan oleh auditor yang terlatih pada tingkat Universitas di bawah Badan Penjaminan Mutu Universitas Almuslim. Tim AMI sebagai auditor I adalah bapak Dr. Rambang Muharramsyah, M.Pd auditor II ibu Misnawati M.Pd. Dari tingkat prodi Ekonomi Pembangunan di wakili oleh M. Saleh, SE., M.Si sebagai Kaprodi, dibantu oleh tim dalam penyiapan Dokumen Borang yang dibutuhkan Auditor. Dari Audit Mutu Internal yang telah dilaksanakan nantinya akan memperoleh rekomendasi peningkatan mutu dan akuntabilitas dengan cara melakukan identifikasi temuan atau ketidaksesuaian antara penyelenggaran pendidikan tinggi di tingkat Prodi dengan standar yang telah ditetapkan dalam SPMI Universitas Almuslim. Selain itu untuk mengakomodir pada instrumen borang akreditasi Prodi dengan tujuan agar dokumen yang diperlukan pada saat akreditasi Prodi Ekonomi Pembangunan yang mendatang lebih siap dan lengkap.(Adm-Fe)