Bireuen, Senin (18/07/2022) Badan Penjaminan Mutu dan Tim Audit mutu melakukan Audit lapangan ke Fakultas Ekonomi Universitas Almuslim. Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh struktural fakultas Ekonomi dari dekan, wakil dekan, kaprodi hingga Kasubbag Akademik. Audit Lapangan dilakukan untuk megevaluasi ketercapaian standar mutu yang sudah ditetapkan di Fakultas Ekonomi Universitas Almuslim.

Audit Internal Mutu (AMI) adalah kegiatan monitoring dan evaluasi sistem penjaminan mutu internal serta bagaimana implementasinya dilakukan pada suatu prodi. Monitor dan evaluasi terdiri dari audit, asesment dan evaluasi yang dilakukan secara berkala untuk mengetahui kesesuaian antara pelaksanaan dengan perencanaan dan untuk mengetahui penyebab-penyebab ketidaksesuaian pelaksanaan dengan perencanaan. Pelaksanaan Audit Mutu Internal (AMI) sangat penting, karena merupakan amanah UU Nomor 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi terutama pada Bab III tentang Penjaminan Mutu dan Permenristekdikti Nomor 62 tahun 2016 tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi.

Pada tanggal 18 Juli 2022, di Prodi Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Almuslim telah melaksanakan proses Audit Mutu Internal. Audit Mutu Internal ini dilakukan oleh auditor yang terlatih pada tingkat Universitas di bawah Badan Penjaminan Mutu Universitas Almuslim. Tim AMI sebagai auditor I adalah bapak Dr. Rambang Muharramsyah, M.Pd auditor II ibu Misnawati M.Pd. Dari tingkat prodi Ekonomi Pembangunan di wakili oleh M. Saleh, SE., M.Si sebagai Kaprodi, dibantu oleh tim dalam penyiapan Dokumen Borang yang dibutuhkan Auditor. Dari Audit Mutu Internal yang telah dilaksanakan nantinya akan memperoleh rekomendasi peningkatan mutu dan akuntabilitas dengan cara melakukan identifikasi temuan atau ketidaksesuaian antara penyelenggaran pendidikan tinggi di tingkat Prodi dengan standar yang telah ditetapkan dalam SPMI Universitas Almuslim. Selain itu untuk mengakomodir pada instrumen borang akreditasi Prodi dengan tujuan agar dokumen yang diperlukan pada saat akreditasi Prodi Ekonomi Pembangunan yang mendatang lebih siap dan lengkap.(Adm-Fe)

Bener Meriah (18/01/2022). Fakultas Ekonomi Universitas Almuslim Bireuen (FE-UMUSLIM) bekerjasama dengan Kecamatan Bandar Kabupaten Bener Meriah, Yang dihadiri oleh, Dekan Fakultas Ekonomi, Dr. Sri Wahyuni, SE. M.Si dan Civitas Akademik Fakultas Ekonomi, serta Camat dan Forkopimda Kecamatan Bandar Kabupaten Bener Meriah.

MoU ini membahas tentang Tridarma Perguruan Tinggi, yaitu tentang kebijakan pendidikan, Penelitian & Pengabdian kepada Masyarakan.

Dekan Fakultas Ekonomi, Dr. Sri Wahyuni, SE. M.Si menjelaskan bahwa kerja sama ini diharapkam saling berkoordinasi untuk menciptakan kemajuan pendidikan khususnya di Kecamatan Bandar Kabupaten Bener Meriah, serta saling bahu membahu terkait kebijakan pemerintah baik dari bidang pendidikan, masyarakat maupun ketenagakerjaan.

Dalam sambutannya Camat Bandar Kabupaten Bener Meriah Bapak Rais Abidin, SH, mengapresiasi kerjasma antara Fakultas Ekonomi Universitas Almuslim Bireuen (FE-UMUSLIM) dengan Kecamatan Bandar Kabupaten Bener Meriah, harapan beliau dengan adanya kerjasama atau MOA dengan Fakultas Ekonomi Universitas Almuslim Bireuen, maka diharapkan dapat meningkatan kualitas sumber daya masyarakat dan ketahanan ekonomi masyarakat di Kecamatan Bandar Kabupaten Bener Meriah. (Admin FE)

 

Bireuen, Rabu (22/06/2022) Program Studi Ekonomi Pembangunan Universitas Almuslim Bireuen Aceh memperoleh Bantuan Program Akselerasi Pengembangan Kurikulum Pendidikan Tinggi yang Inovatif, Adaptif, dan Kolaboratif Bekerja Sama dengan Mitra Menuju Center of Excellence dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Program bantuan ini merupakan upaya Kemendikbud untuk mengimplementasikan program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka yang telah dicanangkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nadiem Makarim.

“Pada hibah ini, Prodi Studi Ekonomi Pembangunan mendapatkan bantuan dana sebesar Rp60 Juta, kita didorong untuk membuat rancangan pengembangan kurikulum, sasaran target dan BOP-nya seperti Pembelajaran di luar Program Studi dan diluar Perguruan Tinggi serta Kerjasama industri dunia usaha dan dunia kerja (IDUKA). Penyusunan pengembangan kurikulum Kampus Merdeka juga disesuaikan dengan karakteristik dan visi misi program studi yang sesuai dengan perkembangan zaman”, ujar Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Almuslim, Dr, Sri Wahyuni, SE., M.Si.

Sri Wahyuni berharap dengan perolehan program bantuan tersebut, Program Studi mampu menciptakan kurikulum sesuai dengan arahan Kemendikbud, dan dapat diimplementasikan pada semester genap tahun akademik 2022/2023, yang nantinya lulusan Program Studi Ekonomi Pembangunan sudah siap terjun langsung ke lapangan atau dunia kerja. (admin FE)

 

Banda Aceh, Rabu (15/06) Bertempat di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Syiah Kuala (FEB USK) Darussalam-Banda Aceh, telah ditanda tangani Memorandum of Agreement (MoA) antara Fakultas Ekonomi Universitas Al-Muslim (FE Umuslim) dan FEB USK.
 
  
 
Dari pihak FE Umuslim.langsung ditanda tangani oleh Dekan Dr. Sri Wahyuni, SE, M.Si sedangkan dari FEB USK oleh Dekan Prof. Dr. Faisal, S.E, MA. M.Si.
 
 
Menurut Dr. Sri Wahyuni, S.E., M.Si kegiatan MoA ini sebagai realisasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) sehingga menunjang perkembangan FE Umuslim hari ini dan di masa mendatang. (al)

 

Kelompok mahasiswa prodi Ekonomi Pembangunan (EKP) Fakultas Ekonomi Universitas Almuslim dinyatakan lulus sebagai salah satu kelompok Penerima Bantuan Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW) 2022 yang dilaksanakan Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Ditjen Diktiristek Kemendikbud RI.

Hal tersebut diketahui berdasarkan pengumuman Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaanyang ditadatangani Plt. Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Nomor 1946/E2/KM.05.03/2022 tanggal 23 April 2022 perihal Penawaran Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW) 2022.

Menurutnya Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Almuslim Dr.Sri Wahyuni,MSi bahwa berdasarkan surat tersebut dijelaskan hasil seleksi dinyatakan lulus seleksi sebanyak 888 kelompok mahasiswa dari 316 perguruan tinggi se Indonesia salah satunya berasal dari kelompok mahasiswa Universitas Almuslim (Umuslim) Peusangan Bireuen.

Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW) 2022 merupakan salah satu program yang digagas Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Ditjen Diktiristek yang bertujuan untuk mendorong dan mencetak mahasiswa untuk menjalankan dan mengembangkan wirausahaa serta meningkatkan program kewirausahaan di perguruan tinggi, jelas Dr.Sri Wahyuni,MSi.

Bagi kelompok yang dinyatakan lulus seleksi akan menngikuti Bimbingan Teknis dan selanjutnya mereka akan mendapat bantuan pengembangan wirausaha P2MW 2022,ujar Dekan Fakultas Ekonomi Umuslim.

Menurut Dr.Sri Wahyuni,MSi kelompok mahasiswa wirausaha Universitas Almuslim yang dinyatakan lulus dalam program P2MW 2022 mengusung proposal dengan judul Economics Smart Coffee Shop, mahasiswa tersebut terdiri dari Fauziah semester 7, sebagai ketua kelompok, sedangkan anggota kelompok terdiri dari Ikhlasul Amal (semester 7), Muhammad Malek Asyi (semester : 3) dan Annisa Ulhusni (semester : 3).semuanya berasal dari prodi prodi Ekonomi Pembangunan, urai Sri wahyuni.

Rektor Universitas Almuslim Dr.Marwan,MPd mengucapkan syukur dan memberi apresiasai kepada kelompok mahasiswa yang sukses dan berhasil sebagai salah satu peserta yang lulus mengikuti program yang digagass Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Ditjen Diktiristek Kemendikbud RI.

Ini membuktikan bahwa kualitas mahasiswa Umuslim tidak kalah dengan mahasisaw dari Perguruan Tinggi lain dari seluruh Indonesia, ucap Dr.Marwan,MPd.

Program P2MW merupakan program pengembangan usaha mahasiswa yang telah memiliki usaha melalui bantuan dana pengembangan dan pembinaan dengan melakukan pendampingan serta pelatihan (coaching) usaha kepada mahasiswa peserta P2MW, jelas Rektor umuslim Dr.Marwan,MPd..

Berdasarkan surat pemberitahuan mereka akan mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) pelaksanaan P2MW 2022 dan jadwalnya akan diinformasikan melaui laman https://kesejahteraan.kemdikbud.go.id/p2mw, jelasnya.(Humas-Umuslim)