Kampus Induk Umuslim, Senin (02/09/19) Hakim Muttaqim, B.Soc.Sc., M.Ec.Dev selaku Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Al Muslim Peusangan Bireuen bertindak sebagai pimpinan apel pagi di awal bulan September 2019 ini. Pada prinsipnya apel pagi setiap Senin pertama di awal bulan merupakan ajang silaturahmi dan saling bertukar informasi demi peningkatan prestasi Universitas Al Muslim (Umuslim) 

Hakim Muttaqim menjelaskan;" Kemajuan serta peningkatan minat calon mahasiswa terhadap Umuslim bukan semata-mata tanggung jawab Rektor beserta jajarannya, atau tanggung jawab Dekan setiap Fakultas, atau tanggung jawab panitia SPMB semata. Tapi yang benar adalah merupakan tanggung jawab sivitas akademika Umuslim secara keseluruhan. Secara internal kita tidak dapat bertanya mengapa begini dan mengapa begitu, terkecuali yang bertanya dari kalangan eksternal. Kalau kalangan internal yang bertanya maka yang bertanya itu tidak merasa bertanggung jawab atas perkembangan Umuslim secara keseluruhan." 

Apel pagi di hari Senin di awal bulan kali ini seperti biasa dihadiri jajaran Rektorat, Ka. Biro, Dekan, Kabag, Ka. UPT, dosen serta staf  di lingkup Umuslim. Hakim Muttaqim menambahkan bahwa pentingnya setiap Dosen melakukan Tridharma Perguruan Tinggi, Pengajaran, Penelitian, dan Pengabdian, sekarang ini Hibah Kemenristekdikti melalui DRPM sedang melakukan penerimaan Proposal sampai dengan 9 September 2019, diharapkan kita semua dosen mengajukan proposalnya masing-masing. Diharapkan juga kepada semua jajaran untuk saling berkordinasi sehingga proses belajar dan mengajar akan berlangsung secara baik, sehingga akan tercapainya kemajuan serta peningkatan prestasi mahasiswa maupun institusinya. (adm.Fe)

Kampus Timur (30/8/2019) Panitia Pelaksana Masa Pengenalan Kampus (Moska) tingkat Fakultas Ekonomi yang terdiri dari pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dan Himpunan Mahasiswa Jurusan Ekonomi Pembangunan (HMJ-EKP) Fakultas Ekonomi Universitas Almuslim, yang bertemakan "Lampaui batas dan totalitas". kegiatan ini di gelar diruang serba guna Fakultas Ekonomi selama satu hari penuh. ketua pelaksana Adi Wahyudi dalam laporannya kepada Dekan Fakultas Ekonomi, menyatakan peserta yang ikut moska di Fakultas Ekonomi Berjumlah 57 orang mahasiswa baru. Agenda kegiatan lebih di fokuskan kepada bagaimana menjalani proses belajar dikampus, mulai dari pengisian KRS, KHS, Bimbingan dan lain-lainnya dalam kontek akademik di Fakultas Ekonomi.

Dekan Fakultas Ekonomi Hakim Muttaqim, B.Soc.Sc., Mec.Dev pada Kesempatan ini, Mengucapkan selamat datang kepada mahasiswa baru dan selamat bergabung dalam keluarga besar Fakultas Ekonomi. Lebih Lanjut Dekan Hakim Muttaqim, menyampaikan dalam sambutannya bahwa visi Fakultas Ekonomi kedepan adalah "Menjadi fakultas ekonomi yang unggul, profesional dan islami dalam bidang ilmu ekonomi di tingkat nasional pada tahun 2027". Visi ini tidak akan terwujud apabila para mahasiswa tidak menunjukkan dirinya bahwa bisa berkancah di tingkat nasional salah satunya melalui berbagai macam perlombaan, demikian juga dalam hal pencapaian misi Fakultas Ekonomi. Ketua Program Studi Ekonomi Pembangunan pada Kesempatan ini juga menyampaikan tentang Visi dan Misi Program Studi kedepan yaitu"Menjadi program studi yang menghasilkan lulusan yang unggul, profesional dan islami bidang perencanaan pembangunan, bidang moneter dan bidang entrepreneur di tingkat nasional pada tahun 2027". oleh karena itu mari bersama-sama kita untuk mencapai visi dan misi yang telah dirumuskan ajaknya.

Ketua BEM Fakultas Ekonomi Heri Munandar, dalam sambutannya mengajak para adek-adek mahasiswa baru agar bisa mencetak berbagai prestasi di tingkat nasional dan harus melampauinya sampai ketingkat Internasional. untuk mencapai hal ini maka diperlukan totalitas yang tinggi imbuhnya, mari bersama-sama kita memajukan Fakultas Ekonomi yang kita cintai ini dan kita hantarkan sampai ke tingkat nasional dan internasional. (Akdm. FE)

KAMPUS TIMUR (21/03/2019) Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Almuslim Peusangan Bireuen, Hakim Muttaqim,B.Soc.Sc.,M.Ec.Dev di undang secara khusus menjadi dosen tamu  di Universiti Teknologi MARA (UiTM) Malaysia.

Kehadiran dosen fakultas ekonomi umuslim ke negeri jiran tersebut, memenuhi  undangan Fakulti Pengurusan Hotel dan Pelancongan, Universiti Teknologi MARA (UiTM) Malaysia Puncak Alam, Selangor Malaysia.Hakim Muttaqim  memberikan materi kuliah kepada mahasiswa UiTM tentang peningkatan ekonomi dan wisata halal, kegiatannya berlangsung di kampus utama UiTM Puncak Alam, Selangor Malaysia,pada  Selasa dan Rabu (19-20 /3). 

Selain Hakim Muttaqim dalam perkuliahan  tersebut juga ikut Dr. Mohd Raziff Jamaluddin selaku Timbalan Dekan bidang riset dan jaringan UiTM. Dalam pertemuan tersebut dosen Malaysia ini menyatakan bahwa UiTM sangat senang dengan adanya kolaborasi dalam pengembangan kedua intitusi ini, kedepannya akan di fokuskan kerjasama riset dan publikasi.

Di sela-sela kegiatan memberi kuliah Dekan FE Universitas Almuslim,  juga menjajaki kerja sama dengan Universiti Teknologi MARA (UiTM) Malaysia. Apalagi  Universitas Almuslim yang telah dinobatkan sebagai PTS katagori Universitas terbaik di Aceh, terus membuka diri bekerjasama dengan mengirimkan dosen dan mahasiswanya kebeberapa perguruan tinggi di luar negeri, jelas Hakim Muttaqim. Sementara itu,penyelidik UiTM,Prof Madya Dr. Mohd Hafiz Hanafiah menyambut baik rintisan kerjasama ini, menurutnya  ini akan memperkuat jaringan yang baik dengan kampus di Indonesia khususnya bidang kolaborasi riset dan publikasi International dengan dosen Universitas Almuslim Bireuen di masa depan.(Akademik FE)

BANDA ACEH. RABU (13-12-2017). Dekan Fakultas Ekonomi Umuslim melakukan penandatangan kerjasama dengan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIN Ar-raniry. Hakim Muttaqim mengatakan bahwa tujuan dari pelaksanaan kerjasama ini adalah untuk melakukan kolaborasi dalam melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi, seperti dalam melakukan pembelajaran, penelitian , pengabdian kepada masyarakat. Kedepan nantinya diharapkan para dosen akan saling mengisi kuliah umum di dua Fakultas ini. Dalam hal publikasi karya ilmiah juga diharapkan para dosen FEBI UIN juga bisa melakukan kolaborasi dengan FE Umuslim.